Latest Updates

Contoh Soal SBMPTN Kelompok Saintek dan Pembahasannya

Hay sobat SNMPTN dan SBMPTN…..sebentar lagi adalah waktunya kita untuk menempuh PTN melalui SBMPTN jalur tertulis. Kemarin habis membahas Contoh Soal Tes Potensi Akademik SBMPTN dan Pembahasannya, sekarang waktunya membahas Contoh soal SBMPTN saintek, soal ini di ambil dari soal-soal SNMPTN dan SBMPTN tahun lalu yang sering keluar. Dari 3 tahun akhir ini sistematis pembuatan soal seperti yang di terapkan di bawah… menurut pengalaman saya 2 tahun mengikuti SNMPTN dan SBMPTN dengan jalur tertulis saya menemukan soal seperti bawah ini. Cuma tahun kemarin agak dibalik-balik soalnya. 5 soal SBMPTN kelompok saintek tersebut adalah sebagai berikut.

Contoh soal saintek untuk SBMPTN


1. Keberadaan tingkat energy di dalam atomdapat di tunjukkan secara langsung dengan mengamati bahwa…
a. Atom dapat memancarkan sepektrum garis
b. Fotoelektron hanya dapat dipancarkan dari permukaan logam ketika cahaya yang menyinari nmemiliki panjang gelombang kritis.
c. Partikel @ dipantulkan balik dengan sudut besar oleh atom-atom di dalam zat padat.
d. Atom-atom di dalam zat padat mendifraksikan electron seperti pada gejala difrasi sinar-X oleh Kristal.

Pembahasan : beberapa tingkat energy dalam atom dapat ditunjukkan dengan kemampuan suatu atom untuk memancarkan sepektrum garis. Jadi jawabannya adalah : A.

2. Jaringan dasar tumbuhan yang berfungsi memperkuat jaringan lain dan dapat berubah menjadi meristematis, adalah…..
a. Kambium
b. Mesenkim
c. Kolenkim
d. Perenkim
e. Sklerenkim

Pembahasan : jaringan tumbuhan yang merupakan jaringan dasar ada 3, yaitu perenkim, kolenkim, dan sklerenkim. Jaringan ini disebut sebagai jaringan dasar karena dijumpai hamper disetiap bagian tumbuhan. Dari ketiga macam jaringan tersebut yang berfungsi untuk memperkuat jaringan lain dan dapat berubah menjadi meristematis (dapat membelah untuk memperbanyak diri) adalah kolenkim. Jawaban C

3. Aliran darah yang bergerak paling lambat terjadi pada….
a. Arteriol
b. Aorta
c. Kapiler
d. Vena
e. Venula

Pembahasan : darah mengalir di pembuluh darah , pembuluh darah dibedakan menjadi 3, yaitu Arteri (pembuluh nadi), Vena (pembuluh balik), dan pembuluh kapiler. Pada arteri terdapat aorta (pembuluh nadi besar), sedangkan pada Vena terdapat Venula (kapiler vena). Aliran darah berbanding terbalik dengan ukuran pembuluh darah yang mempunyai ukuran paling besar. Dari kelima macam pembuluh darah tersebut pembuluh darah yang berukuran paling besar adalah aorta. Jadi jawabannya adalah : B

Soal SBMPTN Kelompok Saintek


4. Fertilisasi pada tumbuhan dari golongan Angiospermae terjadi didalam..
a. Stigma
b. Stilus
c. Ovarium
d. Ovulum
e. Karpelum

Pembahasan : Fertilisasi (pembuahan) pada golongan Angiospermae (tumbuhan biji tertutup) terjadi di dalam ovarium. Ovarium terdapat didalam putik (pistil) . Jawaban C 

5. Sel saraf yang berfungsi mengirimkan implus dari system saraf pusat ke otot dan kelenjar, adalah…
a. Neuron eferen
b. Neuron intermedier
c. Neuron eferen
d. Neuron sensori
e. Neuroglia

Pembahasan : berdasarkan fungsinya sel saraf (neuron) dibedakan menjadi 3 , yaitu:

  • Sel saraf sensori (neuron eferen) yaitu neurin yang berfungsi untuk menghantar implus dari respektor (indra) ke saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang)
  • Sal saraf motoris ( neuron eferen) yaitu neuron yang befungsi untuk menghantar implus dari syaraf pusat efektor (otak dan kelenjar).
  • Sel saraf penghubung (neuron intermedier) yaitu neuron yang berfungsi untuk menghubungkan neuron yang satu ke neuron yang lain nya.
  • Neuroglia merupakan kelompok sel yang berfungsi untuk memberikan nutrisi dan bahan untuk hidupnya neuron sehingga neuron tersebut dapat melakukan aktivitasnya.

Jadi jawabannya adalah : C

Semoga dengan adanya contoh soal SBMPTN kelompok saintek dan pembahasannya ini bisa membantu anda nantinya untuk menghadapi SBMPTN pada tahun ini. kerjakan dengan tenang dan hati-hati dalam menjawabnya. Good Luck….!!

2 Responses to "Contoh Soal SBMPTN Kelompok Saintek dan Pembahasannya"

  1. Yang paling lambat itu kapiler. Aorta berhubungan langsung dengan jantung, jadi alirannya cepat.

    ReplyDelete
  2. kolenkim itu jaringan permanent dan ga bisa membelah lagi walaupun jaringan itu hidup

    ReplyDelete