Latest Updates

Panduan Cara Mendaftar SBMPTN 2014

Hay sobat…lagi cari-cari Cara Mendaftar SBMPTN 2014 yach?? Disini saya akan berbagi sedikit cara mengenai pendaftaran SBMPTN 2014. Sebelum berinjak ke caranya kita harus tahu dulu apa itu SBMPTN sendiri.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri yang menggunakan pola ujian tertulis secara nasional. Cara mendaftar SBMPTN ini sama dengan mendaftar SBMPTN tahun lalu yang mudah dan simple.

Cara Mendaftar SBMPTN 2014


Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id dengan tata cara sebagai berikut:

A. Calon peserta membayar biaya ujian melalui Loket/ATM/Internet Banking/SMS Banking Bank Mandiri. Tata cara pembayaran biaya seleksi dikelompokkan dalam 5 (lima) kategori sebagaimana dapat dilihat pada Tabel berikut :
Cara Mendaftar SBMPTN 2014

B. Calon peserta kategori 1, pada saat melakukan pembayaran harus memasukkan tanggal lahir dengan format 2 (dua) digit tanggal, 2 (dua) digit bulan, dan 4 (empat) digit tahun (contoh: 01091995), sedangkan untuk calon peserta kategori 4 atau 5 harus memasukkan KAP SNMPTN nya.
C. Calon peserta membayar biaya ujian yang sudah di tentukan nantinya.
D. Jika calon peserta memilih program studi yang mewajibkan ujian keterampilan maka calon peserta harus menentukan jumlah ujian keterampilan yang diikuti sebanyak-banyaknya 3 (tiga) jenis ujian keterampilan, baik untuk kelompok ujian Saintek, Soshum, maupun kelompok ujian Campuran.
E. Jika calon peserta mengikuti ujian keterampilan, maka harus membayar biaya ujian keterampilan lagi untuk setiap jenis ujian keterampilan.
F. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kategori 1 akan menerima bukti pembayaran yang berisi:
  • Kode Akses Pendaftaran (KAP) berupa angka sebanyak 12 digit, dan
  • PIN SBMPTN 2014 berupa angka sebanyak 16 digit. Sedangkan calon peserta kategori 4 atau 5 akan menerima PIN SBMPTN 2014 saja. KAP dan PIN SBMPTN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan KAP dan PIN SBMPTN 2014 sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.

G. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id. dengan menyiapkan:
  1. KAP dan PIN SBMPTN 2014.
  2. File pasfoto berwarna, berpakaian resmi (bukan T-shirt), dan terbaru dengan wajah menghadap ke depan, ukuran 4 x 6 cm dengan resolusi sekurang-kurangnya 250 dpi atau 400 x 600 pixels dan ukuran file maksimum 100 KB dalam format JPG atau PNG.

H. Calon peserta melakukan pengisian borang elektronik pendaftaran dengan tata cara sebagai berikut:
  1. Calon peserta harus memasukkan KAP dan PIN SBMPTN 2014, serta mengisikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia (CAPTCHA), kemudian menekan tombol Login.
  2. Calon peserta mengisi borang elektronik pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Setelah proses pengisian borang selesai, akan muncul Kartu Tanda Bukti Pendaftaran. Tata cara pengisian borang elektronik dapat dilihat pada Lampiran 2 online, sedangkan screenshots dari laman pendaftaran online ada pada Lampiran 3 online.
  3. Calon peserta harus menyimpan file Kartu Tanda Bukti Pendaftaran dengan cara meletakkan kursor di bagian atas kartu tanda bukti pendaftaran, selanjutnya klik kanan dan pilih “save image as” atau “save picture as”.
  4. Calon peserta mencetak Kartu Tanda Bukti Pendaftaran dengan menekan tombol cetak.
  5. Calon peserta menandatangani Kartu Tanda Bukti Pendaftaran yang berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2014, apabila Kartu Tanda Bukti Pendaftaran tidak ditandatangani maka dianggap tidak sah. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa pada saat mengikuti ujian tertulis maupun ujian keterampilan.


Khusus Calon Peserta Pendaftar Bidikmisi
  1. Calon peserta pendaftar Bidikmisi yang pernah mendaftar SNMPTN 2014 tetapi tidak lulus seleksi, dapat mengikuti atau mendaftar SBMPTN 2014 tanpa membayar biaya seleksi. Pendaftaran online dilakukan dengan menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh dari Bidikmisi – Ditjen Dikti.
  2. Calon peserta pendaftar Bidikmisi yang pernah mendaftar SNMPTN 2014 dan dinyatakan lulus seleksi, diperbolehkan mengikuti SBMPTN tetapi harus membayar biaya seleksi di Bank Mandiri untuk memperoleh PIN SBMPTN 2014 dan dengan menggunakan KAP yang diperoleh dari Bidikmisi–Ditjen Dikti dapat melakukan pendaftaran online. Tata cara pembayaran biaya seleksi dapat dilihat pada Lampiran 1 online.
Mungkin sedikit bingung yach?? Jangan bingung itu mudah jika di baca secara detail. Informasi ini saya ambil dari situs resmi www.sbmptn.or.id. jadi jika anda bingung langsung saja menuju situs resminya.

2 Responses to "Panduan Cara Mendaftar SBMPTN 2014"

  1. Bisa nggak daftar onlinenya 2 kali,so yg pertama aku salah isi..?

    ReplyDelete
  2. langsung tkp
    ini yang persiapan panduan sbmptn yang dicari
    terima kasih ya

    ReplyDelete